fbpx

Banyak Angkot di Karawang Tidak Patuh Uji KIR

Sejumlah angkot yang beroprasi di Karawang

KARAWANG-Masih sangat banyak angkutan perkotaan (angkot) di Kabupaten Karawang yang tidak patuh untuk melakukan uji kelaikan kendaraan bermotor atau uji KIR. Padahal, hingga kini transportasi umum tersebut masih banyak digunakan masyarakat.

Kepala UPTD PKB Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Karawang, Ayeh Kosasih mengatakan, hanya ada 174 Unit Angkot di Karawang yang melakukan Uji KIR selama 2019 lalu. Angka tersebut terbilang sangat minim jika dibandingkan dengan  jumlah angkot yang masih beroperasi di Kota Pangkal Perjuangan.

Baca Juga: Niat Mesum, Pria Ini Malah Dikeroyok dan Dibakar Komplotan Begal

“Angkot yang Uji KIR sangat sedikit. Padahal semua angkot  wajib melakukan Uji KIR untuk memastikan kelaikan dalam beroperasi,” ujnarya, Senin (13/1/2020).

Ayeh mengaku sangat meyayangkan hal tersebut, karena di Karawang moda transportasi umum masih sangat dimanfaatkan masyarakat untuk beraktifitas.

“Kami selalu menegaskan, agar semua kendaraan wajib KIR itu patuh dalam mengikuti pengujian. Karena ini juga salah satu bagian dalam memberikan jaminan kelaikan dan keamanan kendaraan umum bagi penggunanya,” cetus dia.

Sementara, Kabid Angkutan dan Prasarana Dishub Karawang, Dhiky Prayuda memaparkan, pihaknya belum melakukan pendataan ulang jumlah angkot yang beroperasi di Karawang. Sebab, pihak pengelola angkot tidak pernah melaporkan jika adanya pengurangan unit.

“Pada 2019 data angkot yang ada sebanyak 1.123 Unit. Tapi 2020 ini kami belum melakukan pendataan ulang.  Biasanya terjadi pengurangan jumlah angkot,” paparnya menandaskan.(zak)

Baca juga

Leave a Comment