fbpx

Audiensi Dengan ARSSI, UBP Karawang Dorong Lulusan Dapat Diserap Pasar Kerja

Civitas UBP Karawang foto bersama dengan ARSSI.

KARAWANG-Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang melakukan audiensi dengan sejumlah rumah sakit swasta yang tergabung dalam organisasi Asosiasi Rumah Sakit Swasta Indonesia (ARSSI) Purwakarka Bekasi Karawang (Purwabeka) di Aula Gedung Rektorat Lantai 3, Selasa (11/2/2020).

Giat audiensi tersebut sebagai upaya UBP Karawang agar mahasiswa lulusannya dapat diserap pasar kerja yang bergerak di bidang rumah sakit.

“Audiensi ini sebagai langkah sebelum dilakukannya MoU dengan ARSSI. Setelah ada kesepahaman antara harapan kami dan harapan mereka barulah dituangkan dalam bentuk MoU,” kata Rektor UBP Karawang, Dedi Mulyadi, kepada Prasastijabar.co.id, usai acara.

Menurut Dedi, dengan konsep link and match, maka lulusan perguruan tinggi harus di-match-kan dengan pasar kerja atau users. Jangan sampai pihaknya hanya mengajarkan teori saja ke mahasiswa, sementara ketika terjun ke dunia kerja mereka tidak ngerti apa-apa.

Baca juga : FEB UBP Karawang Gelar Kuliah Umum SDM Unggul dan Kompeten di Era Industri 4.0

Rektor UBP Karawang, Dedi Mulyadi (kiri), Pundi Ferianto (kanan).

“Jadi perguruan tinggi jangan hanya seperti ‘menara gading’ yang tampak bagus dari luar, tapi ketika alumninya turun ke lapangan (dunia kerja-red) mereka enggak tahu apa-apa,” ujarnya.

Menyikapi itu, pihaknya melakukan kerjasama dengan sejumlah dunia usaha atau dunia kerja yang salah satu implementasinya dengan mengundang para praktisi untuk menjadi dosen tamu di kampus. Sehingga nanti tidak hanya teori yang mahasiswa dapatkan, tetapi bagaimana implementasikan teori tersebut di dunia kerja.

Baca juga : UBP Karawang Kembali Dipercaya DPRD Karawang Sebagai Tim Penyusun Nasmik Raperda

“Semoga kolaborasi dengan ARSSI ada manfaat bagia dunia kerja mendapatkan tenaga kerja yang professional, sementara kampus mendapatkan masukan-masukan agar lulusan terserap oleh mereka,” tandasnya.

Sementara Wakil Ketua ARSSI Purwabeka, Pundi Ferianto, mengaku sangat mengapresiasi dengan adanya audiensi dengan UBP Karawang. Pasalnya, ARSSI membutuhkan SDM yang berkualitas dan dengan hadirnya UBP Karawang yang akan ditindaklanjuti dengan MoU, maka kebutuhan SDM berkualitas di ARSSI akan terpenuhi.

“Ketersedian SDM berkualitas yang kami butuhkan yang ditetapkan oleh KARS maupun diatur oleh Permenkes bisa dipenuhi oleh UBP Karawang. Contohnya di UBP sudah ada Fakultas Farmasi yang SDM apotekernya nanti kami butuhkan,” ujarnya.

Ia berharap, dengan adanya kerjasama kedepan, UBP Karawang makin berkembang dengan menyediakan SDM yang berkualitas dan sebaliknya tentunya rumah sakit swasta membutuhkan SDM berkualitas dari UBP Karawang.

“Dengan kolaborasi ini nantinya UBP juga menyediakan prodi-prodi baru yang dibutuhkan oleh kita sebagai user, karena disayangkan jika buat prodi tapi tidak terserap oleh user,” pungkasnya. (red).

Baca juga

Leave a Comment