Ada Sembilan Srikandi di DPRD Subang

PENETAPAN : Rapat pleno KPU Subang menetapkan hasil Pileg Subang 2019 di Fave Hotel.

SUBANG – Setelah munculnya keputusan Makamah Konstitusi pada sidang sengketa Pemilu Legislatif (Pileg) 2019, pada Sabtu malam (27/7/19) KPU Kabupaten Subang mengelar Rapat Pleno Terbuka di Fave Hotel Subang untuk menetapkan hasil akhir perhitungan suara Pileg DPRD Kabupaten Subang dan jumlah anggota Legislatif DPRD Kabupaten Subang.

Rapat Pleno terbuka tersebut juga disaksikan dan dibuka oleh Komisioner Bawaslu Jawa Barat yang terdiri ASDA 1, jajaran Muspida, TNI Polri serta Ketua Partai Politik dan Perwakilan Partai Politik.

Dari hasil rapat pleno penetapan tersebut, terdapat 9 partai politik yang mendapatkan kursi di Parlemen Kabupaten Subang yakni PDIP 10 kursi, Golkar 9 kursi, Gerindra 6 kursi PKB 6, Nasdem 6, PKS 5 Kursi, PAN 5 kursi , Demokrat 2 kursi, dan PPP 1 kursi.

Ketua KPU Subang, Maman Suryaman mengatakan, anggota DPRD terpilih sudah menyampaikan bukti Tanda Terima Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) dari KPK.

“Komposisi keterwakilan perempuan yang terpilih ada sembilan srikandi dewan di Parlemen Kabupaten Subang dan sebagian besar di isi wajah-wajah baru. Lalu untuk Caleg terpilih dengan suara terbanyak adalah Elita Budiarti dengan memperoleh 16 ribuan suara pada Daerah Pemilihan (Dapil) 1 Subang, Cibogo, Cijambe,” ujar Suryaman.

Sementara itu, dewan termuda ada pada daerah Pemilihan Dapil 7 yang berusia 22 Tahun bernama Najib Jordi F dari PDIP. Sedangkan pada periode 2019-2024 wajah baru mendominir dari wajah lama (incumbent) sebanyak 27 orang.

Dengan demikian KPU Subang akan segera menyampaikan surat beserta berkas dan salinan keputusan Penetapan Dewan Kabupaten terpilih kepada Gubernur Jabar melalui Bupati Subang.

“Pelantikan sudah masuk ranah Pemda, kita nantinya datang atas undangan saja. Tapi untuk tahapan tinggal pelantikan saja karena tidak ada keberatan, semua clear,” pungkas Maman. (sri/naz)

Baca juga

Leave a Comment