1.100 Orang Pemilih Pemula di Cianjur Bakal Perekaman e-KTP Lebih Awal

Ilustrasi

CIANJUR-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur, mencatat ada 1.100 orang yang akan melakukan percepatan perekaman e-KTP. Mereka adalah orang pemilih pemula yang genap berusia 17 tahun sebelum bulan Desember 2020.

Hal tersebut dilakukan supaya mereka yang genap berumur 17 tahun sebelum tanggal 9 Desember 2020 bisa menggunakan hak pilihnya di Pilbup Cianjur 2020.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Cianjur Munajat, mengatakan saat ini pihaknya sudah menurunkan petugas di setiap kecamatan dan desa, untuk terus mendata warga yang genap berusia 17 tahun sebelum tanggal 9 Desember 2020.



Menurutnya, sampai saat ini tercatat ada sekitar 1.100 orang yang berusia 17 tahun sebelum tanggal pemungutan suara.

“Data sekarang 1.100 orang calon pemilih pemula. Tapi kemungkinan bertambah dari hasil pendataan lagi ke lapangan,” ujarnya, Rabu (16/9/2020).

Munajat mengungkapkan, pemilih pemula tersebut bisa melakukan perekaman sebelum genap usia 17 tahun. Namun untuk pencetakannya tetap dilakukan sehari setelah tanggal kelahirannya.

“Perekaman nya bisa sebelum 17 tahun, masuknya ke percepatan perekaman dan pelayanan. Tapi tetap dicetaknya H+1 usia 17 tahun dari pemilih tersebut,” kata dia.

Komisioner Bidang Pengawasan Bawaslu Cianjur Hadi Dzikri Nur, mengatakan sebanyak 1.100 orang tersebut bakal jadi pemilih pemula, oleh karena itu ia meminta agar hak suaranya dapat terpenuhi saat pelaksanaan Pilbup Cianjur 2020 nanti.

Ia mengaku, sebelumnya pihak Bawaslu Cianjur sudah berkoordinasi dengan Disdukcapil Kabupaten Cianjur, agar para pemilih pemula bisa melakukan perekaman lebih awal, sehingga saat pendataan akhir nantinya mereka memenuhi syarat dengan memiliki e-KTP.

“Salah satu syaratnya kan sekarang memiliki e-KTP. Makanya kami juga berkoordinasi dengan Disdukcapil, supaya pemilih pemula ini direkam sebelum genap 17 tahun,” kata dia.

Di sisi lain, Komisioner KPU Cianjur Ridwan mengatakan, dari hasil rapat pleno beberapa hari lalu, Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilbup Cianjur sebanyak 1.629.059.

“Itu sebatas DPS, nanti divalidasi lagi oleh tim termasuk penerimaan masukan dari warga yang belum masuk di DPS tersebut. Ditambah juga oleh data pemilih pemula. Prosesnya masih panjang, tapi kami pastikan pemilih pemula bisa mendapatkan haknya,” pungkasnya.(wan/zak)

Baca juga

Leave a Comment